Selasa, 11 Maret 2014

pengertian musik modern

Musik modern ialah musik yang lahir dan berkembang di daerah tertentu dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Contoh: Gong Renteng, yang di kembangkan oleh masyarakat Lebakwangi, Jawa Barat.
Ciri-ciri umum musik tradisi :
1. Ide musik tradisi disampaikan oleh komponis tidak melalui tulisan (notasi /partitur), tetapi secara lisan.
Maksudnya di sebarkan dari mulut ke mulut, hingga di kenal oleh masytarakat daerah tersebut.
2. Musik tradisi diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Generasi tua mengajarkan dan mengenalkan music daerah kepada generasi muda.ingat!! secara lisan.
3. Syair lagu music tradisi, sudah pasti berbahasa daerah. Selain itu, alunan melodi dan iramanya juga menunjukkan ciri khas kedaerahan.
Misalnya, syair lagu dari daerah sumatera menggunakan bahasa sumatera. Demikian juga di jawa. Contoh lainnya, syair lagu daerah Jakarta umumnya berbahasa betawi.
4. Music drasi melibatkan alat – alat music daerah dalam komposisinya. Music dan lagu – lagu daerah di Indonesia dibawakan dengan alat – alat music khas dari daerah masing – masing. Contoh lagu daerah jawa umumnya diiringi oleh alat music khas jawa, yakni gamelan. Lagu daerah Sulawesi utara diiringi dengan kolintang.
5. Musik tradisi umumnya merupakan bagian dari upacara ritual kebudayaan masyarakatnya. Contoh, music gong luang dari bali yang biasa dipergunakan untuk mengiringi upacara kematian ( ngaben ).
Dari pengertian dan ciri2 musik tradisi tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa music tradisi cenderung bersifat eksklusif. Artinya , music ini tidak dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat di luar kebudayaan yang melahirkan music tersebut. Komposisi, fungsi, nilai, dan karakteristik syair music tradisi suatu masyarakat sangatlah khas sehingga tidak mudah untuk dinikmati/diterima sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar